22 agustus 2018-1.jpg

Tradisi Tahun Baru Islam, Warga Bogor Melakukan Ngadulag

Warga Jawa Barat khususnya rakyat Bogor dalam menyambut Tahun Baru Islam biasanya mengadakan Ngadulag. Dulag merupakan suara bedug yang dipukul diiringi suara kentongan dengan irama tertentu. Ngadulag pun diramaikan dengan pawai obor keliling kampung.

Pawai Obor biasanya dimulai sehabis magrib. Acara ini ramai oleh anak-anak dan remaja muslim yang memegang obor. Suasana semakin meriah karena diriuhkan oleh beduk yang diarak keliling kampung. Lantunan takbir dan solawat dikumandangkan sehingga membuat warga yang berada di dalam rumah pun penasaran.

Setelah puas berkeliling kampung biasanya berhenti di masjid dan melakukan shalat Isya berjamaah yang diiringi tausyiah atau ceramah dari ustad. Hal yang bersifat kearifan lokal seperti ini patut dilestarikan karena merupakan budaya khas Sunda Jawa Barat.

Kita juga turut mengenalkan kepada anak dan kaum remaja tradisi asli Indonesia yang tidak kalah dengan tradisi barat. Agar tidak hanya mengenal tahun baru masehi saja namun juga Tahun Baru Islam.

Kalau ke Bogor belum lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke toko khas oleh-oleh. Karena setiap hari libur biasanya toko oleh-oleh ramai dikunjungi wisatawan untuk berburu buah tangan untuk keluarga dirumah.

Lapis Talas AraSari merupakan oleh-oleh khas Bogor memiliki banyaknya varian rasa dan mengikuti trend yang berkembang saat ini sehingga membuat Lapis Talas AraSari selalu dihati para penggemarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat